Senin, 12 November 2007

Islaminya Pelayanan di RS Al Islam

MASALAH, kesehatan merupakan sesuatu hal yang sangat berarti. Kesehatan menjadi sangat mahal apabila seseorang mengalami keadaan sakit, terutama bila harus rawat inap. Hal tersebut dirasakan karena biaya pelayanan kesehatan saat ini makin tinggi. Untuk meningkatkan kenyamanan pelayanan yang makin terjangkau, RS Al Islam memberikan alternatif bagi masyarakat dalam bentuk pelayanan kesehatan di rumah (Home Care).

''Saking penuhnya panggilan dari masyarakat, dalam satu hari bisa 3-5 panggilan masuk. Mereka minta dilayani di rumah oleh dokter, perawat bukan hanya soal medis, namun juga non medis.''ujar dr Novi Kadarini Rahayu MM, Kepala Bidang SMCS RS Al Islam Bandung.

Pelayanan Home Care ini unik dan sangat digemari masyarakat, karena para pasien juga diajari bagaimana melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama Islam meski dalam kondisi sakit. Inilah yang membuat orang-orang yang pernah memanfaatkan jasa home care bercerita kepada teman atau keluarga mereka bagaimana manfaat layanan kesehatan dari RS AL Islam.
Pada dasarnya pelayanan home care adalah upaya kesehatan kuratif (pengobatan) seperti di rumah sakit, tetapi dilakukan di rumah penderita.

"Kami berusaha menjadikan rumah pasien sebagai tempat perawatan yang nyaman dan aman sesuai dengan standar pelayanan medis yang disyaratkan seperti di rumah sakit" jelas Kabid Pelayanan Medis.,Dr.H.Dadang Rukanta SpOT,MKes.

"Beberapa fasilitas alat medis rumah sakit bisa dibawa ke rumah sesuai kebutuhan perawatan penyakitnya. Memang tidak semua kondisi penyakit dapat dilakukan perawatan di rumah, sebelumnya harus mendapat persetujuan dan evaluasi ketat dokter yang merawat", Lanjut Dr.Dadang

Home Care RS Al Islam merupakan pelayanan kesehatan holistic dan Islami dengan melibatkan peran keluarga dalam mencapai derajat kesehatan pasien yang optimal dan diselenggarakan di rumah pasien. Pasien itu bisa saja mereka yang sudah pernah dirawat di RSAI maupun diluar pasien rumah sakit yang tidak memungkinkan dirawat inap di RS karena pertimbangan medis, social, cultural dan ekonomi.

RSAI juga mampu memberikan layanan kepada mereka penderita jantung dengan memberikan layanan rehabilitasi jantung Fase I, II dan III.Mereka juga terhimpun dalam klub jantung sehat RS Al Islam disamping klub-klub lainnya (astma,osteoporosis dll).

Pelayanan lainnya adalah poli tumbuh kembang dan fisioterapi yang setiap hari banyak dikunjungi oleh warga masyarakat di Bandung Timur. RSAI juga memfasilitasi anak-anak yang mempunyai masalah keterbelakangan mental atau anak dengan berkebutuhan khusus seperti, Cerebral Palsy, Autis dll.

''Pasien yang datang ke kami ternyata bukan hanya dari Bandung saja, namun juga ternyata datang dari Jakarta . Mungkin daripada terjebak macet dari rumah ke tempat perawatan, mereka lebih baik langsung saja kirim pasien kesini. Bukankah Bandung-Jakarta kini hanya dua jam saja,''lanjut dr. Novi

Pelayanan yang diberikan RSAI adalah pelayanan spesialistik dengan kelengkapan setara Rumah Sakit type "B" dan diperuntukan bagi seluruh lapisan masyarakat, tanpa membedakan ras, agama, suku maupun social ekonominya. Namun RSAI tetap berusaha menampilkan pelayanan Islami sehingga Umat Islam dapat menikmati Islaminya pelayanan di rumah sakit ini. "Diharapkan pasien yang berobat ke RSAI setelah dirawat tidak hanya sehat fisiknya juga sehat rohaninya, seperti firman Allah,
"jaadathum imanan wa'alaa Robbihim yatawakaluun," (QS Al 'Araf " ujar Dr.H.Dadang. (Erwin.winaldi@yahoo.co.id)

0818 0952 9945

Tidak ada komentar: