Selasa, 15 Januari 2008

Darah Tinggi Penyebab Gagal Ginjal

JAKARTA, KCM -
Ginjal berperan dalam menjaga tekanan darah yang normal. Organ ini tidak bisa dipandang enteng karena tekanan darah erat kaitannya dengan kesehatan ginjal. Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat merusak ginjal.Ketika aliran darah melalui pembuluh, menekan dinding pembuluh, ekstra cairan di dalam tubuh meningkatkan volume cairan di dalam darah dan membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi. Sumbatan di pembuluh darah juga menaikkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras dan lama-kelamaan dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh. Jika pembuluh darah di ginjal rusak, dapat mengganggu pekerjaan ginjal dalam membuang sisa-sisa metabolisme dan kelebihan cairan di dalam tubuh. Kelebihan cairan ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi semakin tinggi.Setelah diabetes, penyakit tekanan darah tinggi adalah penyebab utama gagal ginjal. Setiap tahun tekanan darah tinggi menyebabkan 15.000 kasus gagal ginjal baru di Amerika Serikat. Pasien gagal ginjal harus menjalani dialisis atau menerima donor ginjal untuk bisa menyelamatkan ginjalnya.

Sayangnya tekanan darah tinggi tidak punya gejala-gejala tertentu. Satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan darah adalah diukur oleh tenaga kesehatan profesional. Pengukurannya terdiri dari dua angka yang mewakili tekanan ketika jantung berdetak dan ketika jantung beristirahat di antara detaknya. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi bila tekanannya di atas 140/90.

Institut Nasional Jantung, Paru-Paru, dan Darah di Amerika Serikat merekomendasikan empat langkah untuk membantu mengontrol tekanan darah :
1. Mengontrol berat badan
2. Membatasi asupan garam
3. Banyak berolahraga
4. Hindari konsumsi alkohol berlebih

Bila Anda menderita tekanan darah tinggi, kunjungi dokter secara teratur untuk mendapatkan pengobatan yang benar.

Tidak ada komentar: