Senin, 10 September 2007

persaingan bebas



MENJELANG, tibanya era persaingan bebas, semua operator angkutan massal (bis) antar kota dan antar propinsi (AKAP) meningkatkan pelayanan. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan bis yang mengoperasikan ARIMBI (AJA) jurusan Bandung-Merak via Tangerang.

Selama beberapa tahun terakhir ini, nyaris tidak ada pesaing sehingga pelayanan yang dulu prima pada beberapa bulan terakhir sempat mengalami penurunan. Pelanggan sering mengeluhkan jadwal keberangkatan dan kedatangan yang sering terlambat (tidak tepat) sehingga menunggu lama.

Demikian pula sikap pengemudi dan kondektur yang tidak lagi seramah biasanya kepada penumpang. Atau ada juga sopir yang merokok di dalam bis, padahal bis ini full AC.

Beruntung kini muncul pesaing (kompetitornya) yaitu Primajasa Jurusan Bandung-Kalideres(JKT) Via SLIPI-TANGERANG. Kehadiran Primajasa bagi para penumpang sangat menguntungkan. Karena dengan harga yang sama dengan bis ARIMBI sebsar Rp 35.000, mereka tiba di tujuan lebih cepat. Tidak lagi harus masuk dan istirahat di Purwakarta. Bis Primajasa langsung JOSS ke Tol Cipularang dan hanya kontrol di Karawang dan Tangerang.

Bisnya juga baru, pelayanan ramah dan sopan, suasana di dalam bis benar-benar penumpang ini dimanjakan dengan AC yang wangi, tempat duduk yangnyaman, TV-VCD dengan film terbaru. Manajemen Primajasa benar-benar tahu arti ''merebut'' hati pelanggan.

Yang sibuk menata diri adalah Arimbi, mengetahui pesaingnya sudah mulai mengambil alih 30 % penumpang dan menyentuh hati pelanggan dengan pelayanan yang terbaiknya, mereka baru sibuk seperti kebakaran jenggot.

ARIMBI jurusan Bandung-Kalideres yang dulu sempat terhenti, kini dihidupkan lagi trayeknya. Mobil Bis kini mulai dilengkapi lagi dengan TV/VCD (meski kadang banyak matinya), AC yang sering bocor mulai diperbaiki, ruangan yang bau dan pengap kini mulai dipasangi pewangi.

Intinya kita memang harus bersaing meningkatkan kualitas, agar pelanggan tidak beralih kelain hati. Nah, bagaimana dengan kita... ? sudah memberikan yang terbaik bagi pelanggan ?

erwin.winaldi@yahoo.co.id

Tidak ada komentar: